Prodi BK Selenggarakan Kuliah Umum IPLT untuk Reduksi Trauma, Fobia dan Masalah Psikologis yang Relevan


Laboratorium Bimbingan dan Konseling (BK) berhasil menyelenggarakan kuliah umum dengan menghadirkan Prof. Ifdil, Ph.D., Kons dari Universitas Negeri Padang (UNP) sebagai narasumber. Tema yang diangkat dalam kuliah umum ini adalah “Ifdil Perceptual Light Technique (IPLT) untuk Mereduksi Trauma, Fobia, dan Masalah Psikologis yang Relevan”. Acara ini dilaksanakan di Aula Digilib Universitas Negeri Medan (UNIMED) pada tanggal 13 Desember 2023 dan mendapat sambutan antusias dari para mahasiswa. Tercatat sebanyak 193 mahasiswa Bimbingan dan Konseling dari angkatan 2020 hingga 2022 mengikuti kegiatan ini.

Acara dibuka oleh Ketua Program Studi BK Unimed, Bapak Mirza Irawan, M.Pd., Kons., yang dalam sambutannya menyampaikan bahwa “banyak pengetahuan yang dapat diperoleh dari kuliah umum ini karena narasumber yang dihadirkan merupakan seorang profesor yang luar biasa dan didatangkan dari luar kota”. Prof. Ifdil, Ph.D., Kons adalah Profesor termuda di bidang Bimbingan dan Konseling serta Profesor pertama dalam Konseling Trauma di Indonesia untuk Kabupaten Kerinci dan Provinsi Jambi.

Dalam kuliah umum ini, Prof. Ifdil, Ph.D., Kons menyampaikan bahwa “masalah-masalah terus berkembang seiring dengan perkembangan zaman, sehingga penanganan masalah pada generasi saat ini memerlukan inovasi. Inovasi ini penting karena peningkatan masalah yang terjadi dalam kehidupan manusia tidak diimbangi dengan perkembangan pendekatan dan teknik yang ada saat ini”. Oleh karena itu, Prof. Ifdil, Ph.D., Kons mengembangkan Ifdil Perceptual Light Technique (IPLT) untuk mereduksi trauma, fobia, dan masalah psikologis yang relevan.

IPLT bekerja dengan memodifikasi, mengganti, serta mengubah stimulus pada sensori secara cepat, sebanding atau melebihi stimulus awal yang diterima. Teknik ini dilakukan menggunakan Prosedur IPLT-C yang meliputi Insight, Processing of Building Rapport, Lighting Techniques, Tools and Techniques, serta Closing and Follow Up.

Selain memberikan materi yang luar biasa, Prof. Ifdil, Ph.D., Kons juga mengajak peserta untuk mempraktikkan penerapan Ifdil Perceptual Light Technique (IPLT) dengan menggunakan media cahaya flash pada smartphone.