Dukung Konseling Adiksi, Prodi BK Selenggarakan Webinar Nasional Bertema: Exploring The Transformative Power Of Counseling in Addiction Recovery


Prodi Pendidikan Bimbingan dan Konseling telah sukses menggelar Webinar Nasional Konseling Adiksi dengan tema *(BEYOND ADDICTION: Exploring The Transformative Power Of Counseling in Addiction Recovery)* pada Kamis, 20 Juni 2024. Yang dihadiri oleh Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan beserta jajarannya, Dosen Prodi Pendidikan Bimbingan dan Konseling, serta 478 Peserta yang terdiri dari 401 Mahasiswa, 66 orang guru BK dan sisanya masyarakat umum dari berbagai daerah.

Webinar ini diawali dengan pemaparan materi oleh Assoc. Prof. Dr. Melati binti Sumari (Department of Educational Psychology and Counseling Universiti Malaya) selaku narasumber dalam kegiatan webinar ini. Kemudian Narasumber kedua Dr. Zadrian Ardi, M.Pd., Kons (Kepala Departemen Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang) dan Narasumber terakhir Ratna Juwita Rambe, M.Psi., Psikolog (Konselor Adiksi Bidang Rehabilitasi BNNP Sumut).

Webinar ini dimulai dengan uraian materi tentang Family Intervention For The Treatment of Drug Addiction yang membahas tentang peran keluarga dalam membantu mengobati anggota keluarga yang mengalami kecanduan narkoba. Assoc. Prof. Dr. Melati juga menekankan intervensi keluarga bertujuan untuk membantu mempercepat orang mengalami penyalahgunaan narkoba agar segera mendapatkan pengobatan dan juga agar keluarga juga ikut terlibat dalam proses penyembuhan tersebut. Selanjutnya, materi kedua dari Dr. Zadrian Ardi, M.Pd., Kons membahas tentang stategi konseling yang tepat dalam mencegah adiksi. Narasumber terakhir dalam webinar ini membahas tentang implementasi konseling dalam penanganan adiksi. Tujuan utama konseling adiksi ini adalah membantu problem solving konseli dalam mengatasi masalah candunya. Dalam hal ini, tugas konselor adalah sebagai fasilitator agar konseli bisa mandiri sepenuhnya dalam mencapai tujuan yang diinginkan.