Pada hari ini Jum’at tanggal 20 bulan Mei tahun 2022 jam 10.00-10.30 WIB telah diadakan presentasi Online yang diselenggarakan oleh WYIE (World Young Inventors Exhibition) 2022 Kuala Lumpur, Malaysia dengan klasifikasi inovasi Biothechnology, Health dan judul inovasi “Vealen Oil: Utilization of Rubber Plant Seeds (Hevea brasiliensis) as Raw Material for Cooking Oil” melalui aplikasi Zoom telah memperoleh award Gold yang diumumkan pada Jum’at, 27 Mei 2022 di Kuala Lumpur, Malaysia dengan:
Ketua : Hanifah Rusydah (Matematika/2019)
Anggota : 1. Ahmad Chandra Jaya (Bimbingan dan Konseling/2018)
2. Ni Kadek Suwardani (Bimbingan dan Konseling/2021)
3. Fadilla Zahra Nasution (Matematika/2019)
4. Bunga Yustira Dongoran (Matematika/2019)
5. Licia Larosa Simbolon (Biologi/2020)
6. Ade Alya Yasmint (Biologi/2020)

Hal yang menjadi dasar pembuatan produk Vealen Oil, yaitu beredarnya praktik kartel, pembuatan minyak goreng palsu, pencampuran bahan kimia berbahaya untuk memanipulatif minyak goreng, serta tingginya angka kebutuhan minyak goreng dan rendahnya produksi minyak goreng di kalangan masyarakat.
Vealen Oil diproses dengan bahan alami yaitu biji karet (Hevea brasiliensis) dan tanpa campuran bahan kimia berbahaya. Adapun proses pembuatan minyak goreng dari tanaman biji karet, pertama memecah cangkang biji karet. Kemudian, biji karet dihaluskan. Selanjutnya merendam biji karet selama 1 hari. Terakhir, mengekstrak biji karet menjadi minyak dan menambahkan zeolite.


 

Author

Write A Comment