No | Profil Lulusan (PL) | Deskripsi Profil Lulusan |
PL1 | Guru Bimbingan dan Konseling | Guru Bimbingan dan Konseling adalah pendidik yang bertugas menyelenggarakan pelayanan BK pada Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah (SD/MI/Sederajat, SMP/MTs/Sederajat, SMA/ SMK/MA/MAK/ Sederajat). |
PL2 | Laboran BK | Tenaga kependidikan yang bertugas dalam pengelolaan laboratoriun dalam rangka kegiatan pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang Bimbingan dan Konseling |
PL3 | Asisten Peneliti BK | Asisten Peneliti dalam bidang pendidikan, bimbingan dan konseling pada setting formal, informal dan non-formal |
PL4 | Edupreneur | Tenaga bidang pengembangan diri dan organisasi di lembaga/institusi/ organisasi/ dunia usaha dan industri pendidikan pada setting formal, informal dan non-formal |
PL5 | Asisten Konsultan Pendidikan | Tenaga kependidikan bidang perencanaan dan pengembangan pendidikan, bimbingan dan konseling |
Capaian Pembelajaran Lulusan | |
Sikap Setiap lulusan Program Studi Bimbingan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Medan harus memiliki sikap sebagai berikut: | |
S1 | Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. |
S2 | Berakhlak mulia, berbudi luhur, konsisten dalam menjalankan kehidupan beragama serta toleran terhadap pemeluk agama lain |
S3 | Berpandangan positif dan dinamis tentang manusia sebagai makhluk spritual, bermoral, sosial, individual dan berpotensi. |
S4 | Menghargai dan mengembangkan potensi positif individu pada umumnya dan peserta didik pada khususnya. |
S5 | Peduli terhadap kemaslahatan manusia pada umumnya dan peserta didik pada khususnya. |
S6 | Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air. |
S7 | Mengaplikasikan kaidah- kaidah perilaku manusia, perkembangan fisik dan psikologis individu, kepribadian, individualitas, perbedaan peserta didik, belajar, keberminatan, kesehatan mental terhadap sasaran layanan dan konseling dalam upaya pendidikan |
Keterampilan Umum Setiap lulusan Program Studi Bimbingan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Medan harus memiliki keterampilan sebagai berikut : | |
KU1 | Mampu menguasai konsep dan praksis asesmen untuk memahami kondisi , kebutuhan dan masalah peserta didik |
KU2 | Memahami berbagai jenis , metode, rancangan dan pelaksanaan penelitian dalam bimbingan dan konseling |
KU3 | Mampu melaksanakan penelitian sederhana dalam bidang bimbingan dan konseling |
KU4 | Mampu memanfaatkan hasil penelitian dalam bidang bimbingan dan konseling dengan mengakses jurnal pendidikan dan bimbingan dan konseling |
Keterampilan Khusus Setiap lulusan Program Studi Bimbingan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Medan harus memiliki kemampuan manajerial sebagai berikut : | |
KK1 | Menunjukkan integritas dan stabilitas kepribadian yang kuat, yaitu kepribadian dan perilaku yang terpuji, emosi yang stabil, peka, empati, menghormati keragaman dan perubahan seta menampilkan toleransi yang tinggi pada peserta didik. |
KK2 | Menampilkan kinerja berkualitas tinggi dengan menunjukkan tindakan yang cerdas, kreatif, inovatif dan produktif, bersemangat, berdisiplin, mandiri, berpenampilan menarik dan menyenangkan serta berkomunikasi secara efektif. |
KK3 | Memiliki kesadaran dan komitmen terhadap etika professional. |
Pengetahuan Setiap lulusan Program Studi Bimbingan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Medan harus memiliki pengetahuan sebagai berikut : | |
P1 | Mengaplikasikan konsep ilmu agama, filsafat, psikologi, sosiologi, antropologi, manajemen, ilmu pendidikan dan teknologi informasi dan komunikasi dalam mendukung pelayanan bimbingan dan konseling. |
P2 | Mengimplementasikan prinsip-prinsip pendidikan dan proses pembelajaran. |
P3 | Mengimplementasikan landasan budaya dalam praksis pendidikan |
P4 | Mengimplementasikan esensi bimbingan dan konseling pada satuan jalur pendidikan formal, non formal dan informal. |
P5 | Mengimplementasikan esensi bimbingan dan konseling pada satuan pendidikan umum, kejuruan, keagamaan dan khusus. |
P6 | Mengimplementasikan esensi bimbingan dan konseling pada satuan jenjang pendidikan usia dini, dasar dan menengah |
P7 | Mengaplikasikan hakekat, dasar-dasar, arah profesi pelayanan Bimbingan dan konseling |
Bimbingan dan konseling adalah suatu kajian kelimuan tentang bagaimana upaya pemberian bantuan kepada pihak-pihak yang membutuhkan dari para tenaga ahli/ professional di bidang bimbingan dan konseling dalam bingkai psiko-paedagogies. Kajian dalam bimbingan dan konseling tentu saja berkesinambungan dengan kajian keilmuan lainnya guna mendukung pelayanan yang maksimal. Dalam mendukung capaian pembelajaran lulusan yang unggul, penguasaan pengetahuan tentang bimbingan konseling dengan ilmu Pendidikan maupun dengan bidang ilmu lain seperti psikologi dan ilmu lain yang menjadi penunjang dalam integrasi pendekatan multidisiplin yang kuat untuk pembelajaran dan penelitian pada prodi Bimbingan dan Konseling.
Dalam upaya merealisasikan capaian pembelajaran lulusan diperlukan dukungan bahan kajian yang sesuai. Bahan kajian tersebut masih dapat diturunkan menjadi sub bahan kajian yang akan menjadi mata kuliah di pembelajaran program studi. Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan dan keterampilan secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan dan keterampilan secara mendalam. Tiga bahan kajian tersebut kemudian diturunkan dalam sub bahan kajian untuk memudahkan memunculkan mata kuliah sebagai upaya penguatan pengetahuan dan keterampilan dalam mencapai CPL. Sub Bahan kajian keilmuan Bimbingan dan Konseling terdiri dari:
- Paedagogik
Psikologi
Bimbingan dan Konseling (BK)
- Penelitian
Manajemen
Teknologi Informasi dan Media
Karir
- Budaya
No | Mata Kuliah |
Semester 1 | |
1 | Dasar-Dasar Bimbingan Konseling |
2 | Psikologi Perkembangan |
3 | Keterampilan Penerapan Konsep Pendidikan Anak Usia Dini |
4 | Keterampilan Penerapan Konsep Pendidikan Masyarakat |
5 | Keterampilan Penerapan Konsep di Sekolah Dasar |
6 | Psikologi Kepribadian |
7 | Psikologi Sosial |
8 | Filsafat Pendidikan |
9 | Perkembangan Peserta Didik |
10 | Kepemimpinan |
Semester 2 | |
11 | Bahasa Inggris |
12 | Praktikum Bimbingan dan Konseling Kelompok |
13 | Praktikum Bimbingan dan Konseling Belajar |
14 | Manajemen Bimbingan dan Konseling di Sekolah |
15 | Pratikum Bimbingan dan Konseling Pribadi-Sosial |
16 | Seminar dan Kapita Seleksa BK |
17 | Psikologi Pendidikan |
18 | Profesi Pendidikan |
Semester 3 | |
19 | Pratikum Bimbingan dan Konseling Karir |
20 | Patologi dan Rehabilitasi Sosial |
21 | Assesmen Bimbingan dan Konseling Teknik Non-Tes |
22 | Sosio-Antropologi Pendidikan |
23 | Ilmu Pendidikan |
24 | Konseling Traumatik |
25 | Pembelajaran Kreatif |
26 | Kewarganegaraan |
27 | Agama |
Semester 4 | |
28 | Penulisan Karya Ilmiah |
29 | Model-Model Konseling |
30 | Assesmen Bimbingan dan Konseling Teknik Tes |
31 | Pengenalan Lapangan Persekolahan 1 |
32 | Kesehatan Mental |
33 | Teknologi Informasi dan Media Bimbingan dan Konseling |
34 | Metodologi Penelitian |
35 | Pancasila |
36 | Bahasa Indonesia |
Semester 5 | |
37 | Teknik-Teknik Konseling |
38 | Pemahaman Tingkah Laku |
39 | Konseling Individual |
40 | Etika Profesi Bimbingan dan Konseling |
41 | Studi Kasus |
42 | Konseling Multibudaya |
43 | Manajemen Pendidikan |
44 | Psikologi Komunikasi |
45 | Stastistik |
Semester 6 | |
46 | Pengembangan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah |
47 | Penelitian Tindakan dalam Bimbingan dan Konseling |
48 | Konseling Populasi Khusus |
49 | Pembinaan Anak Berbakat dan Berkebutuhan Khusus |
50 | Konseling Remaja |
51 | Konseling Perkawinan* |
52 | Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar* |
53 | Konseling Adiksi* |
54 | Bimbingan dan Konseling Anak Usia Dini* |
55 | Bimbingan dan Konseling Usia Lanjut* |
56 | Konseling Keluarga* |
57 | Psikologi Industri dan Organisasi* |
Semester 7 | |
58 | Evaluasi dan Supervisi Bimbingan dan Konseling |
59 | Pengenalan Lapangan Persekolahan 2 |
60 | Kuliah Kerja Nyata |
Semester 8 | |
61 | Skripsi |
Keterangan: | |
* merupakan Mata Kuliah Pilihan |