NoProfil Lulusan (PL)Deskripsi Profil Lulusan
PL1Guru Bimbingan dan KonselingGuru Bimbingan dan Konseling adalah pendidik yang bertugas menyelenggarakan pelayanan BK pada Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah (SD/MI/Sederajat, SMP/MTs/Sederajat, SMA/ SMK/MA/MAK/ Sederajat).
PL2Laboran BKTenaga kependidikan yang bertugas dalam pengelolaan laboratoriun dalam rangka kegiatan pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang Bimbingan dan Konseling
PL3Asisten Peneliti BKAsisten Peneliti dalam bidang pendidikan, bimbingan dan konseling pada setting formal, informal dan non-formal
PL4EdupreneurTenaga bidang pengembangan diri dan organisasi di lembaga/institusi/ organisasi/ dunia usaha dan industri pendidikan pada setting formal, informal dan non-formal
PL5Asisten Konsultan PendidikanTenaga kependidikan bidang perencanaan dan pengembangan pendidikan, bimbingan dan konseling
Capaian Pembelajaran Lulusan
Sikap
Setiap lulusan Program Studi Bimbingan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Medan harus memiliki sikap sebagai berikut:
S1Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
S2

Berakhlak mulia, berbudi luhur, konsisten dalam menjalankan kehidupan beragama serta toleran terhadap pemeluk agama lain

S3Berpandangan positif dan dinamis tentang manusia sebagai makhluk spritual, bermoral, sosial, individual dan berpotensi.
S4Menghargai dan mengembangkan potensi positif individu pada umumnya dan peserta didik pada khususnya.
S5Peduli terhadap kemaslahatan manusia pada umumnya dan peserta didik pada khususnya.
S6Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air.
S7Mengaplikasikan kaidah- kaidah perilaku manusia, perkembangan fisik dan psikologis individu, kepribadian, individualitas, perbedaan peserta didik, belajar, keberminatan, kesehatan mental terhadap sasaran layanan dan konseling dalam upaya pendidikan
  
Keterampilan Umum
Setiap lulusan Program Studi Bimbingan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Medan harus memiliki keterampilan sebagai berikut :
KU1Mampu menguasai konsep dan praksis asesmen untuk memahami kondisi , kebutuhan dan masalah peserta didik
KU2Memahami berbagai jenis , metode, rancangan dan pelaksanaan penelitian dalam bimbingan dan konseling
KU3Mampu melaksanakan penelitian sederhana dalam bidang bimbingan dan konseling
KU4Mampu memanfaatkan hasil penelitian dalam bidang bimbingan dan konseling dengan mengakses jurnal pendidikan dan bimbingan dan konseling
  
Keterampilan Khusus
Setiap lulusan Program Studi Bimbingan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Medan harus memiliki kemampuan manajerial sebagai berikut :
KK1Menunjukkan integritas dan stabilitas kepribadian yang kuat, yaitu kepribadian dan perilaku yang terpuji, emosi yang stabil, peka, empati, menghormati keragaman dan perubahan seta menampilkan toleransi yang tinggi pada peserta didik.
KK2Menampilkan kinerja berkualitas tinggi dengan menunjukkan tindakan yang cerdas, kreatif, inovatif dan produktif, bersemangat, berdisiplin, mandiri, berpenampilan menarik dan menyenangkan serta berkomunikasi secara efektif.
KK3Memiliki kesadaran dan komitmen terhadap etika professional.
  
Pengetahuan
Setiap lulusan Program Studi Bimbingan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Medan harus memiliki pengetahuan sebagai berikut :
P1Mengaplikasikan konsep ilmu agama, filsafat, psikologi, sosiologi, antropologi, manajemen, ilmu pendidikan dan teknologi informasi dan komunikasi dalam mendukung pelayanan bimbingan dan konseling.
P2Mengimplementasikan prinsip-prinsip pendidikan dan proses pembelajaran.
P3Mengimplementasikan landasan budaya dalam praksis pendidikan
P4Mengimplementasikan esensi bimbingan dan konseling pada satuan jalur pendidikan formal, non formal dan informal.
P5Mengimplementasikan esensi bimbingan dan konseling pada satuan pendidikan umum, kejuruan, keagamaan dan khusus.
P6Mengimplementasikan esensi bimbingan dan konseling pada satuan jenjang pendidikan usia dini, dasar dan menengah
P7Mengaplikasikan hakekat, dasar-dasar, arah profesi pelayanan Bimbingan dan konseling

Bimbingan dan konseling adalah suatu kajian kelimuan tentang bagaimana upaya pemberian bantuan kepada pihak-pihak yang membutuhkan dari para tenaga ahli/ professional di bidang bimbingan dan konseling dalam bingkai psiko-paedagogies. Kajian dalam bimbingan dan konseling tentu saja berkesinambungan dengan kajian keilmuan lainnya guna mendukung pelayanan yang maksimal. Dalam mendukung capaian pembelajaran lulusan yang unggul, penguasaan pengetahuan tentang bimbingan konseling dengan ilmu Pendidikan maupun dengan bidang ilmu lain seperti psikologi dan ilmu lain yang menjadi penunjang dalam integrasi pendekatan multidisiplin yang kuat untuk pembelajaran dan penelitian pada prodi Bimbingan dan Konseling.

Dalam upaya merealisasikan capaian pembelajaran lulusan diperlukan dukungan bahan kajian yang sesuai. Bahan kajian tersebut masih dapat diturunkan menjadi sub bahan kajian yang akan menjadi mata kuliah di pembelajaran program studi. Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan dan keterampilan secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan dan keterampilan secara mendalam. Tiga bahan kajian tersebut kemudian diturunkan dalam sub bahan kajian untuk memudahkan memunculkan mata kuliah sebagai upaya penguatan pengetahuan dan keterampilan dalam mencapai CPL. Sub Bahan kajian keilmuan Bimbingan dan Konseling terdiri dari:

  1. Paedagogik
  2. Psikologi

  3. Bimbingan dan Konseling (BK)

  4. Penelitian
  5. Manajemen

  6. Teknologi Informasi dan Media

  7. Karir

  8. Budaya
NoMata Kuliah
Semester 1
1Dasar-Dasar Bimbingan Konseling
2Psikologi Perkembangan
3Keterampilan Penerapan Konsep Pendidikan Anak Usia Dini
4Keterampilan Penerapan Konsep Pendidikan Masyarakat
5Keterampilan Penerapan Konsep di Sekolah Dasar
6Psikologi Kepribadian
7Psikologi Sosial
8Filsafat Pendidikan
9Perkembangan Peserta Didik
10Kepemimpinan
Semester 2
11Bahasa Inggris
12Praktikum Bimbingan dan Konseling Kelompok
13Praktikum Bimbingan dan Konseling Belajar
14Manajemen Bimbingan dan Konseling di Sekolah
15Pratikum Bimbingan dan Konseling Pribadi-Sosial
16Seminar dan Kapita Seleksa BK
17Psikologi Pendidikan
18Profesi Pendidikan
Semester 3
19Pratikum Bimbingan dan Konseling Karir
20Patologi dan Rehabilitasi Sosial
21Assesmen Bimbingan dan Konseling Teknik Non-Tes
22Sosio-Antropologi Pendidikan
23Ilmu Pendidikan
24Konseling Traumatik
25Pembelajaran Kreatif
26Kewarganegaraan
27Agama
Semester 4
28Penulisan Karya Ilmiah
29Model-Model Konseling
30Assesmen Bimbingan dan Konseling Teknik Tes
31Pengenalan Lapangan Persekolahan 1
32Kesehatan Mental
33Teknologi Informasi dan Media Bimbingan dan Konseling
34Metodologi Penelitian
35Pancasila
36Bahasa Indonesia
Semester 5
37Teknik-Teknik Konseling
38Pemahaman Tingkah Laku
39Konseling Individual
40Etika Profesi Bimbingan dan Konseling
41Studi Kasus
42Konseling Multibudaya
43Manajemen Pendidikan
44Psikologi Komunikasi
45Stastistik
Semester 6
46Pengembangan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah
47Penelitian Tindakan dalam Bimbingan dan Konseling
48Konseling Populasi Khusus
49Pembinaan Anak Berbakat dan Berkebutuhan Khusus
50Konseling Remaja
51Konseling Perkawinan*
52Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar*
53Konseling Adiksi*
54Bimbingan dan Konseling Anak Usia Dini*
55Bimbingan dan Konseling Usia Lanjut*
56Konseling Keluarga*
57Psikologi Industri dan Organisasi*
Semester 7
58Evaluasi dan Supervisi Bimbingan dan Konseling
59Pengenalan Lapangan Persekolahan 2
60Kuliah Kerja Nyata
Semester 8
61Skripsi
  
Keterangan:
* merupakan Mata Kuliah Pilihan